Sensasi nikmat pendakian Gunung Guntur

Sensasi turun Gunung yang curam dan terjal dapat Anda nikmati di salah satu Gunung di Area Garut, Jawa Barat ini. Gunung Guntur, yakni sebuah gunung berapi dengan ketinggian 2249 mdpl, dan pernah mengalami beberapa kali erupsi.

Gunung Guntur hanya memiliki beberapa pepohonan dan kondisi gunung terlihat sangat gersang
Musim kemarau di bulan September tahun 2014 ini terjadi Gunung Guntur, Garut, Jawa Barat. Perjalanan dari Bekasi menuju Garut menggunakan kendaraan pribadi kurang lebih memakan waktu selama 4 jam.
Sesampainya di Kabupaten Garut tepatnya di persimpangan jalan kawasan pemandian Cipanas, Garut, pengendara dapat bertanya tempat lokasi pendakian dengan kumpulan tukang ojek. Di sana ada pengemudi ojek menawarkan parkiran mobil selama melakukan pendakian, tarif yang diberlakukan dengan nilai seikhlasnya di rumah warga.
Dari tempat parkir warga, pendaki menempuh kurang lebih sejauh 1-2 kilometer menuju pos pendaftaran pendakian Gunung Guntur. Untuk naik gunung ini tidak diberlakukan tarif sepeser pun. Namun, mungkin Anda berbaik hati untuk merogoh kocek untuk penjaga di pos pendaftaran.
Penjaga pos memberikan pesan penting agar menyimpan dengan baik barang-barang berharga seperti uang, barang-barang elektronik, barang pribadi dan lain-lain, karena banyak maling di atas gunung dan sudah banyak yang menjadi korbannya. Seorang pendaki menyebut bahwa semalam tendanya sempat di silet. Hal seperti ini dapat menjadi perhatian penting untuk para pendaki Gunung Guntur.
Usai mendaftar, pendaki harus menaiki truck yang mengambil sejumlah pasir di kaki gunung Guntur. Berangkat menggunakan truck pasir ini gratis, hanya saja pendaki dapat memberikan uang kepada pengemudi. Akan tetapi karena truck pasir ini beroperasi hingga jam 4 sore, saat turun gunung dapat dikenakan tarif Rp 10.000/orang.
Truck pengangkut pasir di kaki gunung
Track menuju puncak Guntur ada dua jalur, jalur pertama melewati air curug, ini berguna bagi para pendaki untuk mengisi bahan air mineral, karena di atas sudah tidak ada mata air. Jalur yang kedua lebih cepat sampai puncak, tanpa melewati pos satu dan curug. Anda bisa memberi informasi kepada pengemudi truck jalan mana yang kira-kira akan Anda tempuh.
Perjalanan dari kaki gunung menuju puncak Guntur menghabiskan waktu kurang lebih 3-5 jam. Kendati demikiai ini kelambalilagi, lama-tidaknya pendakian tergantung kondisi fisik dan stamina pendaki. Selama 2-3 kilometer menuju puncak jalan terlihat lebih curam, usahakan untuk tetap berhati-hati. Namun, saat turun gunung jalan yang akan Anda lihat sangat curam dan terjal, ada baiknya Anda menggunakan sepatu, atau sandal gunung yang dilengkapi kaus kaki serta gunakan sarung tangan, karena track begitu tajam. Para pendaki disekitar pun terkadang turun dengan terseok-seok, jatuh berulang kali dan turun merosot. Mungkin disinilah sensasi turun gunung Guntur yang nikmat.
Kondisi kaki saat turun gunung

Bagi Anda para pendaki yang ‘haus’ akan kenikmatan gunung, jangan lupa untuk menjelajahi Gunung Guntur ini. Salam Rimba!

'Subhanallah' betapa indahnya sunrise pagi itu, kelak akan ku lihat pemandangan hangat ini dari puncak mana pun jua, melalui izin Yang Maha Pencipta (7/9)

Komentar