Doa Berbuka Puasa yang Dianjurkan Rasulullah ﷺ

 


Umat islam akan segera menjumpai bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah / 2024 M. Selama bulan ini, kaum muslimin berpuasa selama satu bulan penuh. Umat dianjurkan untuk mengakhiri waktu sahur dan bersegera saat berbuka puasa.


Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berbuka beliau membaca do’a berikut ini,


ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ


“Dzahabadh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah (artinya: Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah)” (HR. Abu Daud no. 2357. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)


Sementara jika berbuka puasa di rumah orang lain, maka muslim dianjurkan untuk membaca doa berikut,


أفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُونَ؛ وَأكَلَ طَعَامَكُمُ الأَبرَارُ، وَصَلَّتْ عَلَيْكُمُ المَلاَئِكَةُ 


"Afthoro 'Indakumush Shoo-Imuuna Wa Akala Tho'amakumul abroor wa shollat 'alaikumul malaa-ikah"


Artinya: "Orang-orang yang berpuasa berbuka di tempat kalian, orang-orang yang baik menyantap makanan kalian dan malaikat pun mendoakan agar kalian mendapat rahmat).” (HR Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad)


Adapun Ramadan adalah bulan diturunkannya Alquran. Apabila Ramadan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. Karenanya umat bersemangat melakukan kebaikan di bulan Ramadan, sedangkan maksiat berkurang.


Bulan Ramadan juga bulan penuh rahmat, ampunan, dan banyak yang dibebaskan dari neraka. Doa di bulan Ramadan mudah dikabulkan.

Komentar