Doa agar Diberikan Kebaikan hingga Anak-Cucu

 




Setiap muslim ingin agar dirinya senantiasa diliputi kebaikan dalam hidupnya. Terdapat doa yang bersumber dari Alquran agar muslim diberikan kebaikan untuk dirinya dan keluarganya.


Doa ini juga meliputi agar muslim diberikan rasa syukur. 


رَبِّ أَوْزِعْنِىٓ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ ٱلَّتِىٓ أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَىٰ وَٰلِدَىَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَٰلِحًا تَرْضَىٰهُ وَأَصْلِحْ لِى فِى ذُرِّيَّتِىٓ ۖ إِنِّى تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّى مِنَ ٱلْمُسْلِمِينَ


Rabbi auzi'nī an asykura ni'matakallatī an'amta 'alayya wa 'alā wālidayya wa an a'mala ṣāliḥan tarḍāhu wa aṣliḥ lī fī żurriyyatī, innī tubtu ilaika wa innī minal-muslimīn


"Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri". (QS. Al-Ahqaf ayat 15)


Berdasarkan laman Tafsirweb, tafsir dari ayat tersebut berdasarkan Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir yakni,


قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِىٓ( ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku)

Yakni ilhamilah kepadaku.


أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِىٓ أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَىٰ وٰلِدَىَّ(untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku)

Yakni ilhamilah aku agar dapat mensyukuri atas hidayah yang telah Engkau berikan kepadaku dan atas rasa kasih sayang kedua orang tua terhadapku yang telah mengasuhku saat aku masih kecil.


وَأَنْ أَعْمَلَ صٰلِحًا تَرْضَىٰهُ(dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai)

Dan ilhamilah aku agar melakukan amal shalih yang Engkau ridhai.


وَأَصْلِحْ لِى فِى ذُرِّيَّتِىٓ ۖ( berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku)

Yakni jadikanlah anak keturunanku orang-orang yang benar-benar shalih.

Diriwayatkan bahwa ayat ini diturunkan untuk Abu Bakar.


إِنِّى تُبْتُ إِلَيْكَ(Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau)

Dari dosa-dosaku.


وَإِنِّى مِنَ الْمُسْلِمِينَ(dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri)

Yakni yang menyerahkan diri kepada-Mu dan tunduk dalam ketaatan-Mu serta ikhlas untuk mengesakan-Mu.



Komentar